Bisnis Ikan Lele


lele20phyton

Ikan lele memiliki potensi bisnis yang relatif besar karena peminatnya sangat tinggi, oleh karena itu ide bisnis kali ini adalah membahas prospek bisnis ikan lele. Saya sendiri menyarankan Anda uintuk berbisnis ikan lele bila Anda memiliki hobi dalam dunia perikanan. Kenapa harus hobi? karena tantangannya juga cukup lumayan bila Anda buta sama sekali tentang budidaya ikan. Namun, bila memang Anda sudah menemukan formula yang tepat untuk bisnis lele ini, saya kira tidak sedikit keuntungan yang dapat Anda raup.

Intinya budidaya ikan lele dibagi beberapa tahap yaitu pembenihan, pendederan dan pembesaran. Dalam 3 tahapan tadi terdapat pola yang berbeda karena tentunya ikan yang dihasilkan pun berbeda ukuran dan tentunya beberapa pertimbangan2 lain yang akan dibahas dalam artikel ini.

Jika memang Anda sudah berniat terjun dalam budidaya ikan lele maka Anda harus menyesuaikan dulu modal Anda dengan kategori usaha lele yang Anda akan lakukan. Bila modal Anda sedikit, Anda bisa memulai usaha pembenihan ikan lele dimana Anda nanti akan menghasilkan larva ikan lele. Di segmen pembenihan sebetulnya tingkat kesulitan lumayan tinggi yaitu Anda harus berhasil menetaskan telur ikan sampe ikan cukup kuat untuk berenang dan makan pakan buatan, tetapi jika Anda bisa menguasainya benih lepas masa larva pun banyak yang meminatinya. Usaha pembenihan bisa dilakukan dalam lahan relatif sempit juga karena larva bisa ditempatkan dalam akuarium bertingkat hemat ruang.

Jika modal Anda relatif sedang menuju ke besar Anda bisa menggeluti tahapan pendederan dan atau pembesaran. Sebetulnya pendederan itu adalah pemeliharaan benih ikan dari ukuran larva 2 minggu hingga berukuran siap jual, yaitu 5 – 7 cm, 7 – 9 cm dan 9 – 12 cm itupun dihargai dengan harga berbeda. Kalo merujuk istilah pembesaran berarti ikan dipelihara hingga ukuran konsumsi yaitu satu kilo 5-6 biasanya. Kenapa tahapan ini membutuhkan modal yang relatif lebih tinggi dibanding pembenihan, karena mungkin Anda harus menyewa/membuat perkolaman untuk pendederan. Walaupun kesulitan lebih rendah, tetap dibutuhkan ketelatenan pada pendederan mengingat lele juga bersifat kanibal karena ikan lele adalah karnivor dan seringkali memakan temannya sendiri bila berbeda ukuran. Salah satunya adalah melakukan sortir atau grading dan juga telaten dalam memberikan pakan.

Sebetulnya terlalu banyak yang bisa dibahas dalam budidaya lele, namun karena ini artikel singkat maka saya menuju ke poin penting yaitu kendala-kendala dalam usaha. Salah satu kendala usaha adalah kontinuitas dalam upaya memenuhi kebutuhan konsumen. Jika saja ada yang memesan ikan pada Anda dalam jumlah yang besar, mungkin dalam sekali panen mencukupi tapi di panen mendatang bagaimana? memang salah satu siasatnya sih membuat kelompok budidaya lele kalau memang Anda tidak memiliki lahan usaha yang kapasitas besar. Jika memang serius membentuk kelompok budidaya, anda harus mengatur agar anggota kelompok anda dapat panen dalam waktu berkala alias giliran panennya sehingga kontinuitas untuk konsumen terjamin dan harga di pasaran pun tidak naik turun karena overproduction.

Kendala lain yang tidak kalah pentingnya adalah masalah pakan karena kita tahu bahwa harga pakan ikan relatif mahal antara Rp.4.000,- hingga Rp. 5.000,- dan ini bukan hal yang bagus untuk pembudidaya lele. Untuk menyiasatinya biasanya dicari sumber alternatif pakan murah dan pembuatan ramuan pakan dengan bahan2 lokal.

About these ads

26 responses to “Bisnis Ikan Lele

  1. Saya juga sudah memulai budidaya belut, sekarang ini akan memulai lele juga,
    masukan : bahas juga dong cara bikin pakan alternatif lele/belut yaa..!!
    trims

    salam,

    Rahmi

    • oke bu Rahmi, saya juga pernah memberikan pakan alternatif di blog saya dengan judul cacing sebagai makanan lele di tag perikanan. Namun akan saya coba tambahkan pakan alternatif lainnya. Terima kasih.

  2. Saya tertarik untuk bisnis lele,terutama utk pembesaran,yang jadi masalah adalah rumah saya sempit,apa bisa untuk lahan pembesaran,trims

  3. pa, sy tertarik dengan bisnis ikan lele. yang saya mau tanyakan :
    1. Fasilitas apa saja untuk pembesaran ikan lele?
    2. Perhitungan modal yang akan dikeluarkan?
    3. cari bibit-nya dimana, (sy ada di kota Bandung)?
    4. pasarnya kemana saja?

    Terima Kasih.
    HP (08176645547)

  4. saya berminat sekali untuk berbisnis ikan lele,,kita2 saya perlu modal berapa ya untuk bisa membudidayakan ikan lele sampai tahapan menjualnya?mohon dibantu memberikan anggaran biaya yg rici jika bisa dr mulai biaya pembuatn kolam,pembelian bibit,pakan lele, danbiaya2 lain yg berhubungan, jg arah pasar terbaik untuk penjualan lele ini kemana ya??terimakasih atas perhatiannya..

    Regards,
    Sera

  5. info detail ttg pembibitan tolong dimuat juga dong, kemudian pendederan dll. atau dimana info ini dpt kami peroleh, terimakasih…

  6. numpang curhat ya???

    saya baru mau memulai ternak ikan lele, yg saya mau tanya pa ikan lele bisa pake epang darat yg bisa menjangkau modal?????

    satu lagi cara membibit ikan lele gi mana??? tolong kasih jawaban ya penting benget buat saya soalnya saya masih ragu dalam pembibitan ikan lele???

  7. wah kalau begitu saya jadi peternak ikan lele saja

  8. yep.. komoditi lele sekarang tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk kebutuhan Jabotabek aj, itu sekitar 70 ton per hari.

    Coba buka website http://agromaret.com/

    Disitu banyak supplier/ distributor lele yang bersedia membeli lele untuk dijual kembali.

  9. mahendra rulisiano

    Saya lokasi di bandung,tepatnya daerah ujung berung,sekarang saya sedia bibit lele sangkuriang,barangkali membutuhkan atau ingin konsultasi masalah perikanan khususnya lele kami siap bantu…hub: mahendra 08122385092,julaga : 0817611499

  10. assalamualaikum………..
    salam kenal
    kebetulan saya ada investasi bagus berupa VCD perikanan lengkap pemijahan, pembesaran & tips trik mengatur pola makan, bandeng, lele, udang, kepiting, patin, rumput laut, gurameh dan masih banyak….. lagi. teman-teman juga bisa dapetin no telp dan alamat lengkap pengepul, petani ikan konsumsi, dan penjual benih sesuai daerah masing-masing bogor, bekasi, jakarta, bandung, jogja, medan, semarang dll…………….
    teman-teman tertarik silakan kunjungi
    http://www.perikanan-negeriku.blogspot.com
    terima kasih
    wasalam…..

  11. saya amat sangat ingin melakukan bisnis pembesaran ikan lele, namun saya masih buta tentang bisnis trsebut, mohon informasinya mulai dari modal yg minimal dan lahan yg sempit, trims..

  12. salam..
    saat ini saya menjual CD cara budidaya ikan lele yang benar, hanya dengan harga 50 ribu/CD. jika ada yang berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

  13. saya mempunyai kolam ikan lele dan patin akan segera panen,,brp y hrg 1kg,, untuk lele dan patin,mgkn patin ada sekitar 2 ton maklum baru awal,, lokasi sumbar,, di tgu y siapa yg mo beli,, terima kasih

  14. saya seorang pemula dan saya tertarik untuk membudidayakan ikan lele, bagi siapa saja yg mengerti mengenai ternak ikan lele & bagaimana mengetahui awal pembuatan kolam dan lain2 .. hub saya di 087877442123 (ray)
    nb: brapa modal yg diperlukan dan dimana mendapatkan bibit benih….thanks

  15. Kalau untuk modal awal pembenihan lele kira-kira berapa ya?

  16. kenapa ikan lele saya mati dan perutnya kembung dan bengkak…tolong solusinya

  17. bagaimana menanggulangi atau memperkecil kematihan anakan lele pada saat di tebar ke dalam kolam terpal sebab setiap memulai menebar selalu banyak yang mati.

  18. 1. saya baca artikel tentang budidaya lele organik ,bagaimana step awal mulai dari pengisian kotoran sapi,sampai menjadi flok
    2.apa tagdak berbahaya memakai media kotoran sapi?
    3,saya tinggal di bali minta info bibit lele

  19. saya sangat tertarik mengenai bisnis ikan lele,,,,tapi,,modal saya hanya ada 1jt,,,apakah itu cukup untuk sebagai pemula????mohon di jawab,terima kasih..

    • bisa pak wandhe, bisnis ikan lele tidak terlalu memerlukan biaya yang sangat besar.
      Memulai bisnis lele tidah harus selalu diawali dengan hitungan yang jelimet serta bikin pusing. Anda bisa memualinya dengan sekedar bejlan-jalan santai, nongkrong sambil iseng mencicipi menu ikan lele. Dari kegiatan itu Anda bisa memetakan pasar ikan lele. Jumlah kebutuhan ikan lelepun bisa Anda peroleh secara pasti.

      sedikit gambaran dari wawancara dengan seseorang: “Ya…. Kira-kira saya bisa habis lele 7 –8 kg setiap malam,” begitulah pengakuan Sarah pedagang pecel lele di bilangan Jakarta Barat. “Ikan saya beli dari pasar Kebayoran Lama. Tiap kilo harganya Rp 12.000. Jika dihitung-hitung, Sarah butuh lele yang tidak sedikit. Paling tidak ia harus mendapat pasokan 210 – 240 kg lele segar secara rutin.

      Keterangan di atas bisa memberi gambaran kasar bagi Anda bahwa peluang berbisnis lele berprospek cerah. Pengalaman manis berbisnis lele juga dimiliki oleh Ivan, peternak lele di Parung. Usaha ini mulai ia tekuni sekitar dua tahun yang lalu.
      Awalnya usaha itu ditekuni oleh kakaknya. Karena saudaranya harus bertugas keluar negeri lantas usaha kolam lele itu dihibahkan kepada Vian. Pemuda yang masih kuliah di salah satu Universitas Suwasta di Jakarta itu merasa masih perlu banyak belajar di bidang perlelean. Saat ini ia dibimbing oleh Sueb, orang kepercayaan kakaknya.

      Berkat ikan bernama latin Clarias sp itu, Vian bisa menanggung biaya kulah secara mandiri. Saat ini Vian memiliki kolam sebanyak 15 petak. Tiap kolam berukuran luas 300m. Menurut Sueb, menjual ikan lele itu enak. Kita tidak perlu lagi repot-repot mencari keterangan pasar. Pembibitan memang lebih cepat untung. Tapi, kapasitas keuntungannya lebih kecil bila dibanding dengan pembesaran.

      Usaha pembesaran memang butuh modal lebih besar bila dibandingkan dengan pembibitan. Namun, untung yang bisa diraup lebih menjanjikan. Masa panen ikan lele memang relatif lebih cepat bila dibandingkan dengan jenis ikan konsumsi yang lain. “Kalau gurami baru bisa dipanen sekitar 8 bulan. Sedangkan lele sudah bisa dipanen sekitar 50 hari,” terang Vian sambil memegangi serokan yang dipenuhi ikan lele siap panen.

      Kondisi pasar ikan lele mamang cenderung lebih tidak stabil bila dibanding dengan kondisi pasar ikan jenis lain. “Kadang-kadang harganya naik sangat tinggi, Tapi kadang-kadang pula merosot,” ungkap Sueb. “Pokoknya jangan jual lele pada bulan-bulan yang tidak ada huruf “R”nya (Mei, Juni, Juli, dan Agustus),”sahut Vian memaparkan pengalamannya. Sebab. Pada kisaran bulan itu banyak petani lele yang mengobral lelenya dengan harga murah. Alasannya, mereka sangat butuh biaya untuk keperluan sekolah anak-anak mereka. Harga jual ikan lele akan mencapai puncak termahal pada bulan Januari. Sebab, pada waktu itu pasokan ikan lele cenderung berkurang. Hal itu disebabkan karena pada bulan itu pembibitan lele banyak yang gagal. Banyak telur yang gagal menetas lantaran pengaruh musim hujan. Menurut pengalaman Vian, air hujan bisa menurunkan derajan keasaman (pH) air kolam.

      Jika Anda memiliki jumlah kolam lebih dari satu, Maka periode panen bisa dirancang bergantian. Berkat cara seperti ini, periode panen bisa menjadi lebih cepat dari 50 hari.
      =Budidaya lele tidak direpotkan dengan masalah air. Daya tahan ikan lele sangat baik “Asal air selalu penuh dan cukup pangan, itu sudah beres,”jelas Sueb di dalam saung tempat menjaga kolam lele. Supaya bisa untung, ikan yang dipelihara minimal haru berjumlah 10.000 ekor. Jumlah ikan sebanyak itu butuh paka sebanyak 35 karung. Setok pakan sebanyak itu dipakai dalam satu kali periode usaha. Setiap karung berisi pakan seberat 30 kg. Harga pakan perkarung adalah Rp 160.000.

      Masalah pakan bisa diatasi dengan oplosan pakan yang berasal dari jerohan ayam. Harganya Cuma Rp 1500/ kg. kwintal jerohan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pakan lele selama 1 – 1,5 hari. Satu kolam butuh 2 karung pelet setiap hari. Pemberian pakan dilakukan 2 kali dalam sehari. Jadi, satu karung pelet digunakan untuk sekali pemberian pakan. Berkat menu tambahan, ukuran ikan bisa semakin besar. “Kalau biasanya ikan sekilo ada 7 ekor, setelah diberi pakan tambahan berat ikan sekilo cima 6 ekor. Keuntungan lain yaitu bisa lebih irit biaya Rp 510.000 setiap bulan.

      Harga jual ikan lele di tingkat petani saat ini adalah Rp 11.000 / kg. Persentase kematian ikan lele biasanya mencapai 10%. Kondisi seperti itu umumnya terjadi sehabis ikan lele dilepas ke dalam kolam. Terutama ketika cuaca sedang panas. Setiap kolam bisa menghasilkan lele seberat 7 – 8 kuintal.

      Kedalaman kolam lele minimal 1 m. Air yang terlalu dangkal menyebabkan ukuran lele menjadi terlalu pendek. Sebab ikan menjadi kurang gerak. Jumlah bibit yang ditaburkan 50.000 ekor dalam setiap kolam. Bibit lele itu masih seukuran rokok. Satu bulan setelah dilepas, iakan lantas disortasi. Ikan yang sudah sebesar batu baterai dipindah kolam yang lain. Tujuannya supaya ukuran ikan seragam. Sebab jika tidak disortir, ikan yang ukurannya lebih kecil akan dimangsa oleh lele yang berbada lebih gede. Biasanya setelah disortir ikan tinggal 12.000 ekor. Atau sekitar 3 kwintal.

      tips lain dari saya:
      1. langkah pertama kunjungi usaha budidaya ikan lele terdekat, pelajari seluk beluk usaha tersebut, mulai dari teknis kolam, cara budidaya, cara panen, makanannya, dan lebih penting bisa dijual kemana (pasarnya sudah jelas) dan berapa harga jualnya.
      2. Pelajari buku-buku yang membahas cara beternak ikan lele. Tak perlu buku baru, buku bekas pun ngak apa-apa. Atau kunjungi pustaka terdekat. Atau datang ke dinas peternakan terdekat, atau dinas kelautan dan perikanan (DKP) terdekat, tanya sama mereka, apa ada buku-buku tentang beternak lele. Intinya, harus ada ilmu dasarnya dulu sebelum memulai.
      3. Dari hasil pengamatan di lapangan di salah satu usaha yang sudah ada, ditambah dengan ilmu dari bahan bacaan. Mas Heru susun dulu rencana pengembangan usaha (RPU). RPU ini semacam bisnis plan. Lihat artikel saya tentang bisnis plan dan proposal kredit. Dalam RPU tergambar aspek teknis, aspek produksi, aspek keuangan, aspek pemasaran. Dari sana akan ketahuan berapa modal yang dibutuhkan, baik untuk modal investasi, maupun untuk modal kerja.
      4. Sebaiknya memulai dulu usaha dengan skala kecil, sambil belajar segala sesuatunya. Sumber modal sebaiknya dari investor personal dulu. Seperti dari anggota keluarga, dari teman atau dari tetangga. Tunjukkan sama calon investor RPU yang sudah disusun. Yakinkan pada mereka prospek usaha dan analisa usahanya.
      5. Setelah berjalan beberapa waktu, semua yang tadinya samar-samar, kemungkinan jadi terang di depan mata. Pasar sudah ada, produksi lancar, cash flow bagus, sudah ada hasil yang bisa dinikmati. Baru datang berkunjung ke bank terdekat. Oh ya sebelumnya, agar menjadi nasabah di bank terdekat. Tanya-tanya sama mereka, ceritakan perkembangan usaha ikan lele tersebut. Minta formulir aplikasi kredit atau peinjaman. Isi dan lengkapi syarat-syarat yang diminta. Masukkan ke bank, jahga terus komunikasi dengan bank, ikuti perkembangan permohonan yang diajukan. Lengkapi bila masih ada yang kurang.

      Demikian beberapa langkah yang mungkin bisa membantu pak Wandhe untuk memulai dan terjun pada usaha budidaya ternak lele. Fokus, kerja keras, kerja cerdas, pantang menyerah, jujur, banyak berdoa, jaga kepercayaan dengan mitra. Semoga sukses.

  20. cara menanggulangi kematian pada lele kecil wktu musim hujan gimana

  21. saya peternak lele punya stok banyak bagi yg berminat hubungi nmr saya..087724629132
    siapa saja yg ingin kerja sama saya bisa bantu..
    saya tinggal d garut.

  22. Bongkar rahasia ternak ikan lele yang benar dari NOL.
    http://www.cdbudidayalele.co.cc

  23. ada cara lebih sederhana : taburkan garlic powder diatas air kolamnya !!!

  24. kemungkinan lele bapak terkena Penyakit karena jamur/candawan Saprolegnia atau Parasit.
    Coba bapak lihat gejala2 pada lele bapak:

    * karena jamur
    Gejala: ikan ditumbuhi sekumpulan benang halus seperti kapas, pada daerah luka atau ikan yang sudah lemah, menyerang daerah kepala tutup insang, sirip, dan tubuh lainnya. Penyerangan pada telur, maka telur tersebut diliputi benang seperti kapas.
    Pengendalian: benih gelondongan dan ikan dewasa direndam pada Malachyte Green Oxalate 2,5-3 ppm selama 30 menit dan telur direndam Malachyte Green Oxalate 0,1-0,2 ppm selama 1 jam atau 5-10 ppm selama 15 menit.

    * karena parasit
    Penyakit bintik putih dan gatal (Trichodiniasis)
    Penyebab: parasit dari golongan Ciliata, bentuknya bulat, kadang-kadang amuboid, mempunyai inti berbentuk tapal kuda, disebut Ichthyophthirius multifilis.
    Gejala:
    (1) ikan yang diserang sangat lemah dan selalu timbul di permukaan air;
    (2) terdapat bintik-bintik berwarna putih pada kulit, sirip dan insang;
    (3) ikan sering menggosok-gosokkan tubuh pada dasar atau dinding kolam.
    Pengendalian: air harus dijaga kualitas dan kuantitasnya.
    Pengobatan: dengan cara perendaman ikan yang terkena infeksi pada campuran larutan formalin 25 cc/m3 dengan larutan Malachyte Green Oxalate 0,1 gram/m3 selama 12-24 jam, kemudian ikan diberi air yang segar. Pengobatan diulang setelah 3 hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s