Pencetak Laser Berwarna


Kemajuan teknologi komunikasi informasi, khususnya yang berkaitan dengan canon-photo-printerpencetakan digital, sekarang bergerak menggunakan teknologi laser yang lebih cepat, lebih efisien, dan lebih terjangkau dibanding lima tahun lalu. Teknologi ini pun berkembang pesat, khususnya karena persaingan di antara pemegang merek terkenal di dunia. <byline></byline>Ren� L Pattiradjawane

Pencetak laser, baik berwarna maupun monokrom, sekarang ini menjadi kebutuhan penting bagi usaha kecil dan menengah (UKM) yang harus bersaing dan bertahan di tengah krisis keuangan global yang menyebabkan terjadi penurunan drastis daya beli konsumen.

Perusahaan skala UKM memang harus menjadi kreatif untuk tetap bersaing di tengah melesunya pasaran dunia, selain melakukan penghematan di mana-mana, tetapi tetap harus mampu menjaga produktivitas yang bersaing menunggu terjadinya lonjakan balik daya beli konsumen.

Di sisi lain terjadi perubahan perilaku dengan masuknya sistem dokumentasi berwarna di kantor-kantor, termasuk perusahaan besar yang sebelumnya masih beranggapan teknologi pencetakan berwarna sebagai sesuatu yang mahal dan pemborosan dana.

Namun, bersamaan dengan tercapainya skala ekonomi teknologi pencetakan laser dan persaingan yang ketat para produsen pencetak laser, pencetak laser berwarna sekarang memilih melakukan penetrasi ke perusahaan-perusahaan besar selain UKM yang memiliki pegawai di bawah 1.000 orang.

Salah satu alasan populernya pencetak laser berwarna selain harganya yang sekarang terjangkau adalah perubahan persepsi pengguna teknologi laser yang melihat dokumen yang tercetak berwarna memberikan persepsi yang luas dan mendalam atas proposal yang diajukan perusahaan, dan lebih mudah untuk dipahami dalam menyampaikan gagasan di dalam perusahaan.

<crosshead></crosshead>Tuntutan konsumen

Bersamaan dengan perubahan persepsi dan harga pencetak laser yang semakin terjangkau, salah satu produsen pembuat teknologi pencetak laser berwarna dan monokrom yang sekarang sedang menanjak di pasaran dunia adalah Samsung Corporation. Perusahaan asal Korea Selatan ini dalam kurun beberapa tahun terakhir melakukan penetrasi yang sangat penting dalam menghadirkan perangkat pencetak laser, baik ke perumahan maupun perkantoran.

Samsung berhasil menerobos dan berada pada posisi nomor dua dalam memasarkan pencetak laser di belakang Hewlett- Packard dan mampu melampaui Brother dan Lexmark. Salah satu strategi penting Samsung adalah meninggalkan pencetak laser ukuran A3, dan mulai berkonsentrasi pada pencetak laser multifungsi yang mengokohkan pentingnya peran pemindai untuk keperluan perusahaan maupun konsumen awam.

Di Indonesia, selain memperkenalkan produk pencetak teknologi laser dan monokrom, perusahaan Korea Selatan ini juga memperkenalkan produk multifungsi, seperti SCX-4300 (kiri bawah) dan SF-565PR yang memiliki empat fungsi pemindai, pencetak, pengopi, dan mesin faks (kanan atas).

Kedua produk multifungsi teknologi laser monokrom buatan Samsung ini bisa jadi produk dan solusi yang sesuai untuk keperluan UKM, khususnya, dan menjadi jembatan penting bagi Samsung untuk menetapkan strategi go-to-market yang jitu. Ini juga dicerminkan dari rancangannya yang sesuai dengan tuntutan konsumen sekarang atas perangkat pencetak laser multifungsi dengan faktor bentuk yang kecil.

Produk SCX-4300 yang dikemas dengan tampilan glossy memang tidak dirancang sebagai pencetak laser multifungsi yang tercepat dalam mencetak dokumen, tapi fungsi pemindai dan penggandaan yang dimiliki produk ini dalam monokrom bisa memuaskan siapa saja yang menggunakannya.

Produk dengan kecepatan 18 lembar per menit (ppm) dan resolusi pencetakan 600 x 600 dpi ini merupakan produk multifungsi yang bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai aplikasi basis di lingkungan UKM atau pekerjaan nonkritis di rumah. Dengan kemampuan mengopi sebanyak 99 lembar, SCX-4300 dijual dengan harga yang sangat terjangkau untuk memenuhi kebutuhan dana konsumen yang ingin memiliki produk multifungsi.

Adapun Samsung SF-565PR dengan kapasitas penyimpanan kertas sampai dengan 250 lembar merupakan perangkat multifungsi yang banyak manfaatnya selain menangani aktivitas digital melalui pemindaian, pencetakan, dan penggandaan. Fungsi lain pada produk SF-565PR ini adalah aktivitas analog berupa perangkat untuk mengirim dan menerima faks, serta sebagai sentra teleponi tunggal dalam satu kesatuan produk.

Dengan berat sekitar 9,7 kg, SF-565PR ini memiliki resolusi pencetakan 600 x 600 dpi dan pengopian 300 x 300 dpi. Kemampuan fitur faks dengan penggunaan teknologi modem G3 berkecepatan 33,6 Kbps, produk Samsung ini memiliki kemampuan untuk mengirim faks dengan kecepatan tiga detik per lembar.

Kedua produk multifungsi buatan Samsung ini sekarang populer di pasaran dan menjadi solusi memadai untuk berbagai keperluan, baik skala UKM maupun konsumen. Harganya yang terjangkau, serta memiliki fitur penghematan toner monokrom, menjadikan biaya kepemilikannya juga sangat rendah.

<crosshead></crosshead>Angka penjualan

Produk lain yang ditawarkan Samsung di pasaran Indonesia pencetak laser monokrom ML-2240 (foto tengah kanan) dan pencetak laser berwarna CLP-310N (foto tengah kiri). Kedua pencetak laser ini menjadi produk teknologi penting yang membawa Samsung menduduki pangsa pasar pencetak laser di Indonesia.

Untuk pencetak laser monokrom sejenis ML-2240 yang memiliki kecepatan pencetakan 23 ppm, pangsa pasar yang dikuasainya sudah mencapai sekitar 70 persen, sangat tinggi dibanding produk sejenis merek lain yang menguasai pangsa pasar Indonesia di bawah 20 persen.

Sedangkan pencetak laser berwarna CLP-310N yang memiliki fitur koneksi jejaring LAN memang masih harus bersaing dengan produk buatan Xerox, walaupun angka penjualan produk pencetak laser berwarna ini menanjak secara pesat setiap kuartalnya pada tahun 2008 lalu.

Salah satu persoalan melambatnya penjualan pencetak laser berwarna buatan Samsung adalah kualitas warna yang dihasilkan oleh produk sejenis CLP-310N yang belum mampu bersaing dengan produk buatan Fuji Xerox yang menguasai pangsa pasar penjualan pencetak laser berwarna di Indonesia.

Persoalannya, pencetak seperti CLP-310N ini belum mampu memadatkan resolusi piksel ketika harus mencetak warna-warna solid. Kualitas warna yang dihasilkan pada kertas biasa untuk gambar yang sama condong pucat seperti sebuah dokumen berwarna yang terlalu lama disimpan yang memudarkan konsentrasi warnanya.

Terlepas dari persoalan ini, pencetakan teknologi laser yang dihasilkan Samsung merupakan terobosan penting memperkenalkan produk yang terjangkau dibanding merek lainnya. Persentase penjualan produk-produk fungsi tunggal dan multifungsi di seluruh dunia dan Indonesia menandakan babakan baru pencetakan memanfaatkan kemajuan teknologi laser.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s