Meminimalkan pengeluaran daur ulang kertas


Bahan yang digunakan memang cukup mudah, dengan dana yang relative minim kita bisa membuat kertas dengan ukuran yang kita mau. Alat atau mesin pembuat kertas secara sederahana dan bisa kita buat sendiri, dan barang untuk membuat mesin pencetak kertas daur ulang pun sangat banyak di toko-toko penjual bahan matrial bagunan.

Bahan pembuat kertas sendiri bisa dari berbagai kreasi, Tumbuhan  yang mengandung serat pada dasarnya bisa di gunakan sebagai bahan dasar pembuatan kertas tersebut. Kertas-kertas bekas yang sudah tidak terpakai juga bisa di jadikan bahan dasar pembuatan kertas. Atau pembuatan kertasa tersebut dibuat dari bana campuran, antara  bahan alami dan bahan kertas ex pakai.

Bahan alami yang bisa dijadikan bahan kertas banyak ragamnya, dan sangat melimpah terdapat di alam lingkungan sekitar kita, misalnya, batang pisang, dutamakan batang pisang yang sudah tua. Jerami, Eceng Gondok, rumput-rumputan dan banyak lagi yang lainnya. Bahan alami tersebut banyak tumbuh di sekitar kita.
“Misalnya kita buat dari batang pisang, langkahnya batang pisang kita cacah kecil-kecil, kemudian di rendam oleh cairan NaOH, selam kurang lebih 1 sampai 3 harian atau sampai batang pisang tyersebut lunak, kemudian kita blander sampai menjadi  seperti bubur. Bahan yang ke dua sebagai  serat pengisi kita gunakan kertas-kertas tang sudah tidak dipakai, kertas tersebut di rendan diair, di cabik cabik kecil-kecil dan kemudian di blander juga, sampai menjadi seperti bubur. Bahan ke tiga adalah lem, bisa lem kayu yang putih itu, atau lem yang terbuat dari tepung singkong, bahan selanjutnya bila kertas itu ingin berwarna makan selanjutnya alah bahan pewarna, disarankan perwarnanya adalah jenis pewarna alami” jelas pratis daur ulang kertas “Rohman Kuncoro” 32th, yang akrab di sapa Mas Yoyo oleh rekannya, saat menjelsakan bahan pembuatan kertas.

Rohman pun menjelaskan lajut selain bahan-bahan dan mesin pembuat kertas tesebut ada bahan penunjang yang sangat penting yaitu Kain blacu untuk menarik kertas yang di cetak pada skrin mesin pencetak, serta triplek yang akan di pakai untuk media penjemur kertas yang sudah di tarik pada kain blacu tersebut. Pengunaan kain memang tidak sembarang, disarankan kain tersebut terbuat dari benang cotton, seperti halnya kain blacu ini, karena kain jenis ini sangat baik menyerap air sehingga kertas yang tercetak bisa langsung tertarik oleh kain tersebut. Stok kain ini memang harus banyak, ini akan mempengaruhi berapa banyak produksi yang akan di hasilkan.

Faktor lingkung pada proses pembuatan kertas dengan system daur ulang secara tradisional adalah factor cuaca. Karena factor cuaca sangar menetukan  pada proses pengeringan, biasanya waktu yang efektif untuk pengeringan ini, terutama pada musim pancaroba adalah pada jam 10.00 sampai jam 15.00, Karena pada waktu itu bisanya matahari paling bagus bersinarnya  untuk proses pengeringan kertas tersebut. Selain factor lingkungan, faktor lokasi untuk tempat penjemuran pun harus dapat di perhitungkan, letaknya harus strategis, terkena sinar matahari, di usahakan posisinya yang datar,  atau jika memang tidak ada kita bis memanfaatkan posisi atap rumah kita, atau di dakting-dakting rumah yang cukup lusa untuk areal penjemuran tersebut.

Proses pendaur ulang kertas adalah jenis pekerjaan ayang mempunya nilai ekonomi yang cukup tinggi, kertas hasilnya bisa di buat beraneka ragam jenis barang, baik sebagi pelapis, maupun sebagai bahan utama. Selain itu pendauran ulang kertas adalah merupakan salah satu  solusi dalam pengolahan limbah atau sampah kertas, dari nilai yang tidak ekonomis dirubah mejadi nilai yang mempunyai harga jual. tentunya proses daur ulang kertas ini adalah proses daur ulang yang ramah lingkungan. Hal tersebut  di tuturkan oleh H Tubagus Raditiya, dari komisi B DPRD Kab Bandung, “ini perlu di kembangkan, karena selain salah satu cara pengolahan sampah sehingga menjadi nilai yang ekonomis, juga punya nilai pemberdayaan, dan kelompok ini berhal mengajukan ke dinas perindustian Kab. bandung untuk mendapatkan bimbingan dan suport baik secara management, produk, dan pemasaran” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s