Bisnis Dengan Memanfaatkan Kepopuleran Tokoh Kartun


Hallo semua, sebenarnya peluang bisnis selalu ada di sekitar kita, hanya dengan kejelian kitalah maka peluang itu dapat kita manfaatkan. Ambil contoh, adanya peluang dengan banyaknya tayangan televisi untuk anak, banyak sekali tokoh kartun menjadi idola. Misalnya saja Naruto, Ben 10, Dora, Sponge Bob dan lainnya.

Tentunya tokoh-tokoh kartun tersebut bisa kita jadikan sebagai ladang bisnis juga. Sebagai usaha atau bisnis, kita bisa membuat produk-produk yang bergambar tokoh-tokoh favorit anak dengan tujuan tentunya laris manis terjual pada saat tokoh kartun tersebut sedang trend.

bantal naruto
Bantal Naruto

Anda bisa memulai bisnis membuat bedcover bergambar tokoh Naruto (saat ini lagi laku sekali), ataupun bisa saja produk lain seperti patung mini mainan, kaos distro, meja belajar dan lain-lain. Permasalahannya mungkin usaha yang anda lakukan akan menyerempet copyright atau trademark bila menggunakan tokoh kartun tersebut tanpa izin. Mungkin di Indonesia hal ini masih longgar dan belum ada tindakan hukum yang tegas, buktinya banyak juga barang-barang di pasaran yang tidak memiliki izin gambar tokoh2 kartun ini, kalo ga percaya main aja ke Pasar Baru – kalo anda di Bandung hehehe.

Mungkin yang harus Anda perhatikan berikutnya adalah masalah desain gambar tokoh kartun tersebut. Bisa saja Anda mendesain sendiri, memberikan order desain pada orang lain atau anda bisa mengambil desain orang lain dari internet, tetapi sekali lagi hati-hati karena ini juga nyerempet hak cipta lho.

Untuk masalah penjualan, anda bisa menjual barang ini dengan sistem titip jual di toko atau pasar, bisa saja Anda juga menawarkan langsung pada pembeli, misalnya via internet.

Dalam ide bisnis ini, intinya kepopuleran tokoh kartun membuat nilai barang menjadi bertambah sehingga menarik minat sesorang untuk membelinya. Hak cipta juga menjadi sebuah hambatan bila ingin memakai gambar tokoh2 kartun, namun saya juga maklum kalo merchandise asli dari tokoh kartun, harganya relatif mahal dan di luar jangkauan masyarakat umum, sehingga untuk memuaskan anak2, kadang membelikannya produk bajakan pun akan sangat membahagiakan mereka. Oleh karena itu bila Anda bermain di bisnis ini, ambil ceruk pasar yang ditujukan untuk segmen konsumen menengah ke bawah (yang mungkin tidak mempermasalahkan hak cipta).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s