Bisnis Lobster Air Tawar


lobsterDalam pembudidayaan Lobster Air Tawar seorang awampun dapat melakukannya karena LAT ini cara budidayanya hampir sama dengan memelihara ikan pada umumnya hanya saja perlu extra perhatian, karena LAT ini mengalami pergantian kulit atau molting dan sifatnya yang kanibal.

Syarat Hidup :
Air Tawar
Suhu air 24-32 derajat celcius
PH air Optimal 7 toleransi 6,5 – 8
Kadar Zat kimia seperti Fe,Zn,Mg, dll harus minimal
Wadah/tempat pemeliharaan :

Aquarium 75cm-100cmx50cmx40cm ( p x l x t ) utk 1set indukan (5betina, 3jantan) jumlah disesuaikan dg kebutuhan (aquarium pemijahan, Karantina & penetesan)
Rak untuk Aquarium jumlah tingkat disesuaikan dengan kebutuhan
Pompa air (power head), dan atau pompa udara (aerator)
Kolam semen, bak fiber, kolam terpal, box atau kontainer, dll
Kolam tanah (ini sangat dianjurkan utk pembesaran/utk LAT Konsumsi)
Media sembunyian : paralon/pipa, roster,tali rafia, waring, karung sayuran/bawang,daun-daunan,ijuk, tanaman air dll

Budidaya LAT Dibagi 2
Pembenihan ((Hatchery), yaitu memelihara indukan dan menghasilkan bibit (ukuran 2 inch up atau 5 – 7 cm, diukur dari ujung ekor sampai ujung kepala).
Pembesaran (Raiser), yaitu memelihara bibit dan menghasilkan lobster konsumsi (berat rata2 100gram/ekor, ukuran rata-rata 6 inch).
Cara Pemeliharaan :

Pengontrolan kwalitas air
Pemberian Pakan yang teratur (10% dr total berat badan LAT) dapat berupa pelet udang, sayuran, bekicot, cacing sutra dalam hal ini LAT adalah bersifat Omnivora (pemakan segala)
Penyortiran : Penyeragaman ukuran Lobster dalam satu kolam, penyortiran indukan yang bertelur,kena penyakit, molting dan atau kelamin.
Pakan

Sebenarnya untuk pakan LAT ini sangat mudah karena LAT adalah Omnivora (pemakan segala) hanya saja yang menjadi acuan kandungan proteinnya apakah cukup atau tidak, utk pakan yang baik kandungan proteinnya 20%-40% dan apakah pakan ini mudah busuk atau tidak dan memiliki aroma yang menarik bagi lobster karena lobster mencari makan menggunakan indra penciuman dan memiliki nutrisi-nutrisi yang baik untuk pertumbuhan LAT.

Pakan lobster bisa berupa : Pakan Alami seperti kutu air,jentik nyamuk,cacing rambut,cacing sutra, cacing tanah, dll. Pakan Buatan seperti Pelet.

Kelamin Lobster dalam Hal Ini Red claw

Ciri Lobster jantan: capit lebih besar, di ujung capit ada lis berwarna orange/merah, di pangkal kaki terakhir ada tonjolan berupa alat kelamin.

Ciri Lobster Betina: capit lebih kurus dan polos, di pangkal kaki ketiga ada bulatan bening berupa alat kelamin.

Untuk Yabby hampir sama dengan Red claw hanya saja dicapit yang jantan tidak ada strip merahnya, capit betina hampir sama besar dengan yang jantan hanya lebih kecil sedikit.

Untuk Clarkii letak kelamin sama dengan red claw hanya untuk yang jantan dapat dilihat juga dengan adanya empat kaki didekat kaki renangya.

Indukan LAT
Indukan LAT yang baik/berkwalitas dapat dilihat dari penampilannya yang sehat, berwarna cerah, mempunyai organ yang lengkap dan berukuran besar. Indukan biasanya sudah berukuran 50-70gr yang berumur 6bulan dan bukan dari hasil kawin sedarah (inbreeding). Indukan yang di rekomendasikan adalah yang berukuran 5 inch up (5.5″) hanya saja biasanya ukuran4 inch up sudah bisa dipijahkan karena ukuran sebesar ini biasanya masih subur-suburnya (suka kawin) bisa dibilang lagi ganjen-ganjennya………..

Pembenihan/Pemijahan
Wadah pembenihan/pemijahan dapat disesuaikan dengan lokasi dan dana yang tersedia, wadah bisa aquarium yang biasanya diisi hanya dengan satu set Indukan (5betina, 3jantan) dengan ukuran 100cmx50cmx40cm, kolam semen untuk pemijahan massal. Biasanya untuk pemijahan/pembenihan ini kita juga harus menyediakan wadah utk Pengeraman, penetasan (utk wadah penetasan bisa pake wadah pengeraman, jd setelah burayak turun gendong hanya indukannya saja yg dipisah), dan wadah karantina (satu aquarium bisa disekat-sekat) untuk indukan setelah burayak turun gedongannya.

Sumber :
http://www.sewan-lat.page.tl/Budidaya-LAT.htm

6 responses to “Bisnis Lobster Air Tawar

  1. thank infonya. NANYA jika indukan bertelor dikolam semen dan tempat sembunyi/rumahnya pakai genteng cara nangkapnya gimana? thanks

  2. saya sangat tertarik untuk budidaya lobster .Jadi saya pingin bisnis di bidang lobter, jadi mohon berikan jalan bagaimana untuk memelihara lobter dan saya pingin berkosultasi dengan anda .terimakasih.

  3. IJAZAH PALSU

    Banyak sekali diantara kita semua yang terjebak dalam lubang pengangguran.
    Menyedihkan memang ketika kita berulang kali keluar masuk dari satu perusahaan keperusahaan lain namun hasilnya tepap sama,DITOLAK!!!.
    Mungkin juga diantara kita berfikir kenapa untuk menempuh jenjang pendidikan yang tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit,bahkan cenderung makin menjerat.
    Sedangkan untuk memperolah pekerjaan yang layak baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta selalu disyaratkan: MINIMAL D3 atau S1.
    Salah siapa?!
    Apakah anda ingin berubah?
    Atau ingin selalu dijajah?

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MELAMAR KERJA/MELANJUTKAN KULIAH/KENAIKAN JABATAN?!?!

    -SMU:3.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DIKOPERTIS, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

    BERMINAT?

    HUB: 085736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

    TERIMAKASIH

  4. berapa banyak telur yang dihasilkan induk betina setiap kali bertelur? berapa lama telur dapat menetas? berapa lama induk betina dapat bertelur kembali?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s