Membuat Empek-Empek Palembang yang Enak


Adapun bahan-bahannya: empek2

Kualitas satu

1. ikan tenggiri giling halus : sagu   = 1:1 ( 1kg : 1 kg), kalau perlu tambahkan terigu

2. Margarin atau minyak goreng untuk membuat kalis

3. air hangat

4. garam

Kualitas dua

  1. Ikan tenggiri : sagu = 1 :2 atau sagu : terigu = 1 :1
  2. margarin atau minyak goreng
  3. air hangat
  4. garam secukupnya
  5. telur secukupnya

Kuahnya:

  1. gula jawa 1 kg
  2. cabe rawit dan merah seperempat kilogram
  3. bawang putih 1 ons
  4. cuka
  5. asam 1 ribuan
  6. garam

Cara buatnya :

Tepung sagu diuleni dengan air hangat, masukkan margarin (sebagai pengganti penguat rasa). Lalu masukkan ikan tenggiri giling dan garam aduk merata sampai kalis dan bisa dibentuk. Bagi beberapa bagian yang sama. Masing-masing bagian bentuk seperti peawat ufo atau gangsing. Lalu gansing ini dibuat cekungan atau cerukan dalam atau mirip mangkok yang dalam, masukkan satu butir telur ke dalamnya. Setelah itu tutup rapat. Masukkan ke air mendidih yang sudah bercampur minyak goreng (biar nggak lengket di panci). Kalau empek-empek ini mengambang ke atas itu tandanya dah matang. Angkat dan tiriskan. Kalau mau digoreng silakan, atau kalau suka empek-empek rebus langsung aja disajikan bersama kuah.

Cara buat kuah:

Gula jawa diberi air 4 gelas, dimasak hingga mendidih. Campur cabe yang sudah diblender (tangkai cabe skaliyan diblender tak usah dibuang), bawang putih yang diblender, asam jawa, cuka sedikit aja dan garam. Didihkan sekaligus lalu angkat dan saring. Kuah sudah siap.

10 responses to “Membuat Empek-Empek Palembang yang Enak

  1. Hmm, resepnya perlu dicoba segera, thanks sudar berbagi. :)

    Salam revolusi romansa,
    Lex dePraxis
    Unlocked!

  2. igat empek-empek, ingat palembang. dan pingin menikmati jg pingin ke sana. akan ku coba.

  3. dah lama mau coba bikin sendiri tapi gak tahu resepnya, Ok aku harsu ke pasar nih, makasih ya

  4. wah….akhirnya ketemu jg neh resep…lamaaaa daku mencari …..buruan cari ikan tenggiri neh…bwt nyobain….kayaknya udah kebayang yummynya….

  5. tolong donk kirim gambarnya hasil cetakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s